Seminar Nasional “PERAN MEDIA PENYIARAN LOKAL DALAM PENGAWASAN PEMBANGUNAN DAERAH DI KALIMANTAN SELATAN”

Program studi Ilmu Komunikasi FISIP ULM  mengadakan seminar nasional dengan tema “Peran Media Lokal Dalam Pengawasan Pembangunan Daerah di Kalimantan Selatan” bertempat di Gedung Serbaguna ULM Banjarmasin pada tanggal 12 November 2016 dan acara ini mengundang Wakil Ketua Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indonesia Dr. Fal. Harmonis, M.Si, Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Kalimantan Selatan Dr. Suharjo M.Si, Pimpinan Umum PT Duta TV Dr. Syaifudin, SH., MH, dan Akademisi FISIP ULM Dr, Candt. H. Bahrudin Ali Ahmad, M.Si. Seminar nasional yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Dr.Ir. H. Abrani Sulaiman M.Sc ini diikuti oleh mahasiswa FISIP ULM, Ilmu Komunikasi IAIN Antasari dan UNISKA, anggota ASPIKOM Kalsel, anggota ISKI,  serta masyarakat umum.

DSC_4772Wakil Rektor III Dr.Ir. H. Abrani Sulaiman M.Sc dalam sambutanya menyampaikan bahwa saat ini informasi sangat mudah didapatkan melalui media baik itu elektronik, cetak maupun online. Terkait hal itu media penyiaran lokal mempunyai peran yang sangat penting dalam pengawasan daerah Kalsel. Dimana media diharapkan bisa mencerdaskan dan memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang masalah pembangunan. Media penyiaran juga diharapkan untuk bisa menjadi media yang terpercaya dan memberikan informasi yang akurat, berimbang dan mencerdaskan kepada masyarakat. Selain itu, masyarakat sendiri juga harus bisa dan pandai untuk memfilter atau menyaring informasi dari media terkait penyiaran Informasi.


DSC_4837Peran media lokal dalam menyampaikan informasi yang berimbang dan sesuai dengan hukum serta etika jurnalistik menjadi pembahasan utama dalam seminar nasional ini. Selain seminar nasional, dalam kegiatan ini juga dilakukan pelantikan pengurus Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indonesia (ISKI) Kalimantan Selatanyang bertujuan untuk pengembangan SDM dan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan Ilmu Komunikasi dan juga bisa memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang penyebaran informasi.Seminar Nasional prodi Ilmu Komunikasi ini diharapkan bisa berperan aktif mengkritisi media serta membangun media yang berkualitas untuk kemajuan Kalimantan Selatan.

Blog Attachment