Sejarah Singkat Fakultas

DSC_1793

 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin berdiri pada tanggal 21 September 1958, bersamaan dengan berdirinya Unlam. Pada saat itu bernama Fakultas Sosial dan Politik, dan hanya memiliki dua jurusan, yaitu Jurusan Tata Praja dan Jurusan Publisistik. Karena kelangkaan tenaga pengajar, Jurusan Publisistik dihapuskan.

Berdasarkan keputusan Konferensi Antarpimpinan Fakultas Sospol se-Indonesia di Lembang, fakultas ini membuka jurusan baru, yakni Jurusan Ilmu Administrasi Negara dan menghapuskan Jurusan Tata Praja. Sesuai dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan, FISIP membuka kembali Jurusan Tata Praja, yang kemudian diubah namanya menjadi Jurusan Ilmu Pemerintahan, dan menembah sebuah jurusan baru, yakni Jurusan Ilmu Administrasi Niaga (1964). Akhirnya fakultas ini mempunyai dua jurusan, yakni Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Jurusan Ilmu Administrasi. Jurusan Ilmu Administrasi memecah diri menjadi dua program studi, yaitu Program Studi Ilmu Administrasi Negara dan Program Studi Ilmu Administrasi Niaga. Jurusan Ilmu Pemerintahan dipecah menjadi dua minat studi, yaitu Ilmu Politik, dan Pemerintahan Lokal, sedangkan Program Studi Administrasi Negara dipecah menjadi empat konsentrasi, yaitu Administrasi Pembangunan, Kebijakan Publik, Manajemen Pembangunan Daerah, dan Pengembangan Masyarakat. Sementara Program Studi Administrasi Niaga dipecah menjadi tiga konsentrasi, yaitu Manajemen Strategik, Administrasi Keuangan & Perbankan, dan Administrasi Perpajakan. Sedang dalam proses persetujuan/perijinan dari pusat adalah pembukaan Program Studi baru Ilmu Komunikasi dengan empat konsentrasi yaitu Jurnalistik, Public Relation, Penyiaran dan Media cetak. Dan sedang dalam proses penyelesaian adalah  Program Studi Sosiologi, dan Program Strata S-2 bidang Administrasi Negara/Publik, Administrasi Bisnis, dan Ilmu Politik & Pemerintahan Lokal dan segera menyusul Program Studi Hubungan Internasional.

            Pada awal berdirinya, FISIP menempati satu unit gedung, di Jln Lambung Mangkurat. Sesuai dengan perkembangan jumlah mahasiswa, pada tahun 1982 FISIP pindah ke gedung baru yang sampai sekarang ditempati, yakni Jl. Brigjend H. Hasan Basry Kayu Tangi Banjarmasin, 70123 Telp. 0511-3304595 Fax. 0511-3304968

e-mail: fisip unlam@yahoo.com. Gedung baru ini berluas lantai 2.847 m2 yang terdiri atas :

  1. Lima ruang kuliah
  2. Satu ruang seminar/diskusi/aula
  3. Dua ruang rapat/pertemuan
  4. Tiga ruang dosen
  5. Satu ruang perpustakaan
  6. Satu ruang tenaga administrasi
  7. Satu ruang laboratorium/rental komputer
  8. Satu ruang dekan
  9. Satu ruang pembantu dekan I
  10. Satu ruang pembantu dekan II
  11. Satu ruang pembantu dekan III
  12. Satu ruang bagian keuangan

Gedung tersebut sampai sekarang belum ada penambahan dan perbaikan yang signifikan, sementara jumlah dosen dan mahasiswa cenderung bertambah.

Visi-Misi dan Tujuan Fakultas

Visi :

”Menyediakan Produk Jasa Pendidikan Tinggi Yang Bermutu Prima Bagi Masyarakat ”.

Misi :

 

  1. Fisip akan menjamin semua pelanggan (primer, sekunder, dan tersier), seluruh stakeholder bisa mengakses dan mendapatkan produk jasa pendidikan tinggi dan jasa-jasa pendukung lainnya dengan kualitas prima.
  2. Fisip akan mengelola semua produk jasa dan system pendukungnya dengan praktek dan norma-norma manajemen modern seperti kepemimpinan primal, transparansi, kualitas, amanah, rule of the law, kompetensi, dan profesionalisme.

 

Tujuan Fakultas

  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bersemangat ilmiah, profesional, mempunyai keahlian/keterampilan khusus dan daya saing tinggi, serta memiliki kinerja yang tinggi dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidangnya yang berguna untuk menanggulangi berbagai permasalahan di masyarakat.
  2. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas, efisien, dan tanggap terhadap perubahan kebutuhan masyarakat dalam menyongsong hadirnya bentuk organisasi Badan Hukum Pendidikan (BHP).
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian, publikasi ilmiah dalam jurnal ilmiah nasional dan internasional guna menghasilkan berbagai kekayaan intelektuan dan inovasi baru.
  4. Memanfaatkan hasi-hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
  5. Memiliki jaringan kerjasama luas di bidang pendidikan, penelitian, dan badan-badan lain pada tingkat nasional maupun internasional.
  6. Menggali, mengembangkan, dan memelihara nilai-nilai tradisi dan budaya masyarakat.

Akreditasi

  1. Program Studi Ilmu Administrasi Negara : Nilai : B, No. SK : 07188/Ak-VIII-S1-002/ULAISN/I/2005 Masa berlaku : sampai 18 Februari 2010
  2. Program Studi Ilmu Administrasi Niaga   : Nilai : B, No. SK : 07350/Ak-IX-S1-010/ULAIAN/VII/2005, Masa berlaku :   sampai 7 Juli 2010
  3. Jurusan Ilmu Pemerintahan : Nilai : B, No. SK : 07139/Ak-VIII-S1-001/ULAIMA/I/2005 Masa berlaku : sampai 28 Januari 2010

 

Tenaga Akademik (Lihat Lampiran)

Pejabat-Pejabat (Lihat Lampiran)

Jadwal kuliah (Lihat Lampiran)

Lain-lain yang dianggap unggulan/kelebihan :

Keunggulan

 

Selain menawarkan kompetensi yang dibutuhkan baik untuk pengembangan diri maupun pengembangan masyarakat, program-program yang ditawarkan memiliki keunggulan lain. Seluruh program didukung oleh Pusat Pengkajian dan Rekayasa Sosial, Laboratorium Good Governance, Corporate Philanthropy Studies, Laboratorium Politik Pemerintahan, dan Political Marketing. Laboratorium ini akan melayani mahasiswa/I yang ingin memperkaya ilmu dan kompetensinya dengan model-model teoritik dan kajian-kajian empiris sains sosial seperti pengembangan masyarakat, good governance, good corporate governance, political marketing dan lain-lain.

Produk Jasa Pendukung

Selain jasa pendidikan inti, FISIP Unlam juga merancang produk jasa pendukung untuk menunjang produk jasa inti. Produk-produk ini mencakup antara lain :

  1. Jasa kurikuler : (a) Kurikulum sesuai dengan tuntutan kompetensi, (b) Ruang baca digital untuk menunjang penyediaan jasa pendidikan bermutu, (c) Sistem pelayanan informasi akademik handal berbasis TI.
  2. Jasa penelitian : (a) Laboratorium Pengkajian & Rekayasa Sosial, (b) Pusat kajian seperti Good Governance dan Civil Society Center, dan Corporate Philanthropy Center, (c) Riset & pengembangan model rekayasa sosial, otonomi daerah, good governance dan pengembangan masyarakat, (d) Sistem dokumentasi dan disseminasi hasil penelitian serta karya ilmiah.
  3. Jasa pengabdian masyarakat : (a) Pengembangan wilayah binaan yang bekerjasama dengan pemerintah kota & kabupaten dalam program pemberdayaan masyarakat, (b) Pengembangan organisasi masyarakat madani, (c) Pembinaan usaha kecil, (d) Advokasi, edukasi komunitas & pemberdayaan masyarakat.
  4. Jasa ekstra kurikuler : pengembangan minat dan bakat mahasiswa
  5. Jasa administratif : daya dukung layanan prosedural & sumber daya manusia yang profesional
  6. Jasa pelatihan dibidang pengembangan organisasi dan manajemen, pengembangan SDM, pengembangan kebijakan publik, dan pengembangan masyarakat.
  7. Publiksasi
  8. Jasa asistensi dan konsultasi di bidang pengembangan organisasi dan manajemen, pengembangan SDM, pengembangan kebijakan publik, otonomi daerah, dan pengembangan masyarakat.
  9. Kerjasama dengan beberapa stakeholder seperti orang tua mahasiswa, pemerintah daerah (provinsi, kota/kabupaten), swasta, dan lembaga sosial, fakultas, lembaga penelitian, dan pusat studi perguruan tinggi atau lembaga-lembaga lain.