Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Tapin.

Senin (03 / 08), Mahasiswa FISIP UNLAM Banjarmasin melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Tapin. Sebanyak 129 mahasiswa di terjunkan dalam KKN kali ini. Namun, ada yang berbeda dari KKN tahun ini, kenapa ? karena tahun ini KKN di koordinasi langsung dari FISIP UNLAM berbeda dari tahun sebelumnya yang menjadi penitia pelaksana itu dari LPM UNLAM.

Bertemakan membangun desa yang mandiri, seluruh mahasiswa peserta KKN yang dibagi menjadi 10 kelompok diharuskan untuk bisa memajukan desa yang mereka tempati saat ini. 129 peserta di pecah menjadi 10 kelompok dimana satu kelompok beranggotakan 13 orang dan di letakan di desa yang terpisah dari kelompok lainnya.

Selain mereka harus membangun desa yang mandiri, tantangan terbesar saat ini yaitu mengenai kerjasama tim. Dimana mereka semua di tempatkan dalam satu desa dengan beraneka macam pemikiran dan bagaimana cara untuk menyamakan pemikiran mereka untuk bisa sukses dalam membangun desa yang mereka tempati.

Sulitnya air bersih juga menjadi rintangan untuk mereka, sebab beberapa hari yang lalu tepatnya jum’at (31/07) salah satu desa yang akan mereka tempati mengalami longsor yang mengakibatkan seluruh kecamatan terhenti penyaluran air bersih dikarenakan rusaknya salah satu di desa tersebut.

Wakil bupati tapin mengatakan bahwa mahasiswa merupakan pemuda penerus bangsa, selain mereka ahli bidang akademik mereka pun juga harus ahli dalam bidang sosial, sehingga dengan di adakannya KKN ini diharapkan agar mahasiswa melek sosial atau tahu bagaimana keadaan sosial yang ada disekitarnya.

KKN berlangsung selama 1 bulan yang dimulai dari tanggal 02 sampai 31 agustus mendatang. Mahasiswa di harapkan untuk mengambil hal positif dalam kegiatan KKN kali ini, dan bisa menjadi pengalaman serta pembelajaran bagi para peserta KKN dalam membekali masa depan mereka kelak.

“Banyak cerita yang di dapat, banyak pengalaman yang di terima dan banyak ilmu yang tidak bisa ditemui di bangku perkuliahan” tutur Dr. Saladin Ghalib, MA selaku Dekan FISIP UNLAM dalam Mengakhiri sambutan di Pendopo BALAHENDANG dalam Pembekalan dan penyerahan peserta KKN-PPM 2015 FISIP UNLAM Banjarmasin.

Blog Attachment